RSS

Tomorrow might not be better, but it never worse.

Tak bisa kuingat lagi, berapa kali kudengar lagu Broken ..terus berulang - ulang selama beberapa bulan kemarin. Yang kuingat, pertama kali mendengarnya air mataku menggenang, dan beberapa kali selanjutnya mataku sembab.

Semua orang punya permasalahannya masing - masing. Ada kalanya yang terlihat adalah jalan buntu. Dan ada kalanya juga semuanya terasa begitu besar dan kita mengecil sedemikian rupa.


Ada saatnya pertanyaan - pertanyaan tentang eksistensi hidup dan dunia ini tak pernah berhenti mengejar. Dan entah berapa kali kuberharap agar waktu berhenti barang sedetik, membiarkanku menapaki tanah dan merasa bernyawa.


Namun waktu tak pernah bisa berhenti. Dan matahari tak pernah mau mengerti, meski mataku tak pernah bisa terpejam sebelum pukul 3 pagi. Hari esok selalu tiba. Lebih cepat lagi, dan lagi, dan lagi.


Masa depan tak pernah benar - benar terlihat, apa yang tercapai hari ini belum tentu jadi bermakna di hari esok. Ketidakberhasilan hari ini tidak berarti ketidakmampuan selamanya. Semua hal positif itu aku sangat paham, tapi saat berada di dalam sebuah lubang yang dalam, matahari pun tak terlihat lagi. Hingga hari berganti tiada berarti.


Namun kini aku bisa berkata sekali lagi, bahwa tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini. Aku kini berdiri tegar dan dalam keadaan yang jauh lebih baik dan jauh lebih hebat dari apa yang pernah kubayangkan beberapa bulan yang lalu. Memandang matahari dengan penuh rasa syukur dan menghargai segalanya dengan lebih baik lagi.


Satu hal yang paling kuingat dan telah kubuktikan berkali - kali. Jalan keluarnya hanyalah percaya pada dirimu sendiri. Pada masa sulit, mungkin semua orang - orang terdekatmu akan berusaha membuatmu nyaman, berusaha membantumu, dan berusaha membantumu berdiri. Tapi percayalah, rasa nyaman, bantuan, dan uluran pundak untuk menangis, hanya akan membuatmu bertambah lemah. Bukan aku keras pada diriku sendiri, tapi sungguh, hanya dengan bangkit dan berdiri di atas kakimu sendiri meski terluka parah, barulah kau akan bisa berlari di masa depan.


Percayalah kamu bisa. Matahari memang takkan pernah berhenti bersinar, karenanya kau takkan pernah kehabisan waktu untuk merasakan kehangatannya.


------------------------------

Aku ingat, satu malam di saat aku benar - benar merasa down, aku menuliskan beberapa kalimat di PDA ku.

"Kamu bukan orang lemah dan kalah. Kamu bukan sampah. Aku percaya, kamu pasti bisa melalui semua ini dan segalanya akan baik - baik saja. Kuatkanlah. Kuatkanlah. Kuatkanlah. Dan jangan pernah berhenti mengusahakannya."


Dan ku teringat akan sebuah pesan yg pernah diberikan seorang yg berarti untukku. "

Losing doesn't make you a failure. giving up does."

Kuatkanlah, Aku percaya, kamu pasti bisa! 

Satu demi satu hal baik datang, kusyukuri adanya.
Satu demi satu hal buruk menghadang, kusyukuri atas kesempatan belajarnya.
Satu demi satu kebahagiaan datang, kusyukuri atas rahmatnya.
Satu demi satu kesedihan datang, kusyukuri atas pengalamannya

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar